Apa Artikel Bermanfaat

Jumat, 30 Maret 2018

Startup – Gojek

GO-JEK_Logo 
My Favorite Startup – Gojek

Di Ibu kota Jakarta saat ini sedang dijejali dengan pengendara motor yang menggunakan jaket berwarna hijau. Mungkin hampir setiap jalan pasti ada satu atau dua orang yang menggunakan jaket dan helm hijau tersebut. Pengendara motor yang menggunakan jaket dan helm hijau tersebut adalah para driver gojek. Gojek merupakan layanan ojek online yang dikelola oleh PT go-jek Indonesia. Kenapa saya memilih gojek sebagai startup favorite. Karena saya driver & pengguna transportasi ojek online , mengetahui kelebihan dan kekurangan pada app / aplikasi tersebut.

History Of GOJEK
Gojek berdiri pada tahun 2011 oleh seorang pemuda yang sangat kreatif. Pendiri gojek bernama Michaelanglo maron dan Nadiem makarin. Mereka mendirikan sebuah perusahaan yang diberi nama PT Go-jek Indonesia. Perusahaan ini bertujuan untuk menghubungkan ojek dengan penumpang ojek. Mereka melihat para ojek pangkalan hanya menghabiskan waktu seharian dan belum tentu mendapatkan pelanggan. Jadi mereka membuat perusahaan ini, untuk membantu para tukang ojek mendapatkan penumpangnya dengan lebih cepat dan efisien. Sampai sekarang tujuan mereka memang terbukti ampuh. Tukang ojek harus lebih produktif supaya bisa mendapat penghasilan yang lebih banyak.
 
Para tukang ojek pangkalan tersebut terkadang menunggu 8 sampai 10 jam, tetapi paling hanya mendapatkan 4 sampai 7 orang penumpang saja. Pendiri gojek berinisiatif membuat sesuatu yang berbeda. Gojek ini menggunakan sebuah system yang lebih tertata rapi. Awalnya gojek hanya melayani lewat call center saja, tetapi lambat laun gojek mulai berkembang dan membuat aplikasi gojek. Dengan aplikasi ini, anda bisa memesan secara online, membayar secara kredit dan mengetahui keberadaan driver yang akan menjemput anda. inilah salah satu kelebihan dari gojek dibandingkan dengan ojek pangkalan lainnya.

Pada awal pendaftaran menjadi driver gojek, akan terdapat berbagai pelatihan. Bagaimana melayani pelanggan yang baik, tidak boleh ugal-ugalan di jalan, mematuhi lalu lintas dan menggunakan pakaian yang safety. Pendiri gojek ini memang sangat mengutamakan kepuasan pelanggan. Ketika menggunakan gojek anda akan diberikan jaket, helm, penutup kepala dan juga masker. Jadi memang benar-benar mematuhi lalu lintas yang ada. Selain itu para driver gojek juga diajari bagaimana menggunakan aplikasi gojek, m-bangking dan masih banyak lainnya.

Untuk keuntungan, terdapat pembagian 20/80. 20% untuk kantor dan 80% untuk driver. Terkadang para driver gojek bisa mendapatkan 10 sampai 20 pelanggan setiap harinya. Apalagi gojek tak hanya melayani antar jemput orang saja. Tetapi juga bisa mengirim paket, memesan makanan dan masih banyak lainnya. Kelebihan dari gojek ini memang lebih banyak. Dari pendiri gojek ini, lahirlah sebuah system baru yang membantu kemacetan di Jakarta

2. Deficiency Gojek ….

Mungkin yang saya alami ketika menerima penumpang atau customer adanya server error , seperti halnya : 1) tidak bisa menerima penumpang disaat user/ pengguna membutuhkan pada waktu terdesak. 2) gps atau map tidak sesuai pada saat pengambilan atau menurunkan penumpang. 3) tidak bisa menerima uang dari deposit ketika server error.

Bukan hanya dari app drivernya sendiri atau aplikasi yang error, tetapi terkadang pengguna atau user bisa semena mena menggunakan aplikasi untuk hal yang tidak sesuai atau “menipu”. Contoh halnya. 1) membuat banyak accout untuk menipu si driver. Kenapa….??? karna bukan hanya kalangan orang tua saja yang bisa mengunakan aplikasi tersebut, anak – anak pun yang mungkin masih sekolah dasarpun sudah bisa mengunakan aplikasi tersebut. Karena jika berlarut larut app atau sistem aplikasi ini dibiarkan, maka akan terjadi kesalah pahaman antara driver dan pengguna yang secara langsung akan menibulkan konflik dan kerugian yang berdampak kepada perusahaan gojeknya itu sendiri.

3. give your idea to fix ….

1). mungkin saat ini gojek adalah aplikasi transportasi yang sudah banyak digunakan diberbagai kalangan & banyak bersaing dengan transportasi lain, karena aplikasi ini sangat membantu diberbagai aspek kehidupan. Contohnya : 1) mengirim barang,makanan atau sejenisnya dengan harganya yang relatif murah dan aman. 2) mengatar tepat pada waktu & tujuan.3) Mengantisipasi kemacetan di Jakarta.

2). Adanya diskon pada sistem aplikasi dimana saat ini pengguna bukan hanya mementingkan kemanan dan kenyamanan tetapi juga harga yang terjangkau.

3). merekrut atau menerima driver yang benar benar memenuhi kriteria yang sudah ditentukan, dikarenakan mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, Contohnya : 1) pencurian. 2) adanya tindak kriminal atau kekerasaan yang tidak diinginkan.

4). memiliki kendaraan motor atau mobil yang sesuai atau layak saat digunakan, karena selain keamanan pengguna sangat mementikan kenyamanan.

Dimana dari 4 hal ini agar bisa meningkatkan performa bagi berusahaan gojeknya itu sendiri & semakin berkembang dengan baik.

4. write your review on 2 pages….

Tanggapan atau Ide yang saya dapat untuk memperbaiki startup pada gojek adalah dimana sistem harus selalu update & security system harus selalu dipantau baik untuk driver maupun costumer itu sendiri. Dimana sistem sering kali error seperti yang saya jelaskan diatas. Karena ketika sistem bermasalah akan mempengaruhi si pengguna itu sendiri atas ketidak nyamanan pada aplikasi tersebut. Karena pada saat ini transportasi online tidak hanya gojek, tetapi masih ada uber , grab dan masih banyak lagi aplikasi transportasi ojek online yang ingin selalu memberikan pelayanan terbaik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PELUANG USAHA DI BIDANG TI (TECHNOPRENEURSHIP)

Technopreneurship merupakan sebuah istilah wirausaha yang dikhususkan bagi wirausahawan yang bergerak di bidang teknologi informasi. Bill ...